Sunday, May 3, 2015

Kick Andy: Episode "2 Mei" -- Sangat Menyentuh Hati

Hari ini saya menonton re-run tayangan Kick Andy di Metro TV. Kali ini, Bang Andy mengangkat tema mengenai guru dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei lalu. Para guru yang menjadi tamu di Kick Andy merupakan guru yang luar biasa dibalik keterbatasan yang mereka miliki. Mungkin secara fisik mereka tidak sempurna tapi niat mereka untuk mengabdikan dirinya sebagai pengajar itu yang sempurna. Saya sangat kagum dengan mereka walaupun saat ini masih berstatus sebagai guru honorer dan mendapatkan gaji yang tidak sebesar guru-guru yanh sudah diangkat menjadi PNS, tidak menyurutkan niat mereka untuk tetap mengajar dengan sepenuh hati demi kemajuan siswa-siswinya. "Saya ikhlas saya tidak dibayar karena saya teringat tokoh pendidikan seperti Ahmad Dahlan, Ki Hajar Dewantoro para pahlawan pendidikan, mereka ikhlas mengajar tanpa dibayar yang terpenting hanya demi kemajuan bangsa, hanya untuk mencerdaskan anak bangsa", ucap pak Untung (Salah satu narasumber yang merupakan pengajar Agama di salah satu sekolah di Sumenep, Madura).
Bisa menerima keadaan yang secara fisik tidak sempurna dengan lapang dada, penuh keikhlasan dan bisa turut berkontribusi dalam mencerdaskan anak bangsa itu merupakan hal yang luar biasa menurut saya karena terkadang orang yang memiliki kesempurnaan fisik saja masih sering mengeluh sehingga melupakan hal-hal yang seharusnya bisa disyukuri dengan kesempurnaan yang telah dimiliki.
Banyak sekali pelajaran yang dapat saya ambil dari episode kali ini salah satunya untuk selalu bersyukur dan bersyukur atas semua nikmat yang telah diperoleh. "Maka, nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?" (QS. Ar Rahman) dan berusaha untuk menjadi sebaik baiknya makhluk yaitu makhluk yang bermanfaat bagi sesama. Amiin

No comments:

Post a Comment